Skip to content

Tips Trik Melindungi Cat Mobil

January 22, 2013

Hindari Baret dan Kusam
Tips Trik Melindungi Cat Mobil – Memiliki kendaraan pribadi sangatlah dibutuhkan perawatan yang optimal. Tampil mengkilap dan resik secara maksimal, akan menambah kepercayaan diri anda sebagai pemilik mobil. Yang paling mudah adalah dengan mencuci mobil agar terhindar dari debu dan noda membandel. Namun, sebenarnya bahan pelapis cat bisa beragam, mulai dari bahan lapisan Teflon, pernis maupun aplikasi sticker disekujur tubuh kendaraan (body wrapping). Berikut tips bagaimana melindungi cat dengan berbagai bahan jenis lapisan.

Pernis pakai WAX
Pada dasarnya, pengecatan kendaraan biasanya diakhiri dengan pernis. Berfungsi untuk menjaga lapisan cat. Namun, untuk merawatnya bisa menggunakan wax. Wax terbagi kedalam  2 jenis, paste wax dan liquid wax. Secara umum, wax adalah cairan yang terdiri dari material kimia berupa lilin yang digunakan untuk melapisi cat mobil.Fungsi utama dari wax sendiri adalah melindungi lapisan cat dari oksidasi yang diakibatkan cuaca (sinar matahari, kotoran, jamur dan noda sisa air hujan), pemberian wax bisa dilakukan setelah mencuci mobil.

Polarized Paint Protection System Teflon
Polarized Paint Protection System Teflon atau lebih dikenal dengan PPS Teflon. Pada jenis ini lapisan Teflon melapisi permukaan cat dan daya tahan kilaunya bisa bertahan sampai lima tahun. Jauh lebih lama jika dibandingkan wax konvensional yang rata-rata bertahan sekitar 4-6 bulan dan harus dilapis ulang kembali.

Agar tetap bisa menjaga kilau yang dihasilkan, sebaiknya setelah PPS Teflon diaplikasikan, mobil rutin dibawa kembali ke dealer PPS untuk dikenakan perawatan dan pengecekkan, biayanya biasanya tidak begitu mahal. Sebenarnya, sebaiknya mobil dicuci sendiri dirumah ketimbang mencuci ditempat pencucian mobil umum. Kadang ada kualitas kerjanya serta produk yang dipakai kurang bagus mutunya, sehingga malah bisa menurunkan kualitas kilau mobil.

Body Wrapping, gunakan air atau Wax
Banyak cara yang ditempuh guna mendongkrak penampilan kendaraan, salah satunya aplikasi sticker. Penempatannya bisa diterapkan pada kaca maupun di sekujur tubuh kendaraan (body wrapping). Pada dasarnya, noda pada sticker bisa diusir dengan cara mencuci mobil dengan air dan shampoo mobil. Namun, kita juga memahami karakter dan bahan sticker. Untuk permukaan glossy atau mengkilap pakai wax atau sanpoly. Kalau sticker doff dan karbon jangan pakai wax karena warna doff-nya bisa terangkat dan kalau digosok pakai wax warnanya akan berubah menjadi keputihan.
Lantas bagaimana jika ada noda pada sticker doff dan karbon?, siram pakai air lantas dilap pakai lap kulit atau kain halus. Untuk noda membandel , oles pakai minyak tanah secara tipis lantas dilap pakai lap microfiber.
Sementara untuk noda tonta atau tumpahan cat, cukup dioles dan dilap pakai bensin pada permukaan yang terkena noda. Lap secara halus dan tipis-tipis saja, perawatan tersebut berlaku untuk body pelat maupun plastic.

Merawat Cat Putih/ rentan Pudar

Secara umum sebenarnya perawatan cat warna putih, baik pearl, white, metalik, solid atau super  deep white, tidak berbeda dengan merawat cat mobil warna lain. Keunggulan cat putih, ketika jamur dan baret halus sudah menempel, tidak terlalu terlihat ketimbang warna hitam.
Namun, cat putih sangat rentan pudar karena sengatan warna matahari, terlebih pada pigmen pearl white. Kalau pudar warnanya menjadi terlihat kekuning-kuningan. Disarankan untuk memarkir atau menyimpan kendaraan di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu pilih shampoo atau produk car care dengan tingkat keasaman netral, hal ini untuk menghindari tampilan coating pada cat menjadi pudar.

Bagi anda pemilik mobil honda jazz bisa baca artikel kami sebelumnya tentang cara dapat aksesoris honda jazz atau klik disini.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: