Skip to content

4 Langkah Aman Upgrade Mesin Rotari

January 22, 2013

Di Indonesia untuk upgrade mesin rotari masih terbilang sedikit karena mesin dianggap sangat rentan terhadap cuaca tropis yang panas, jadi disarankan untuk terlebih dulu berkonsultasi kepada ahlinya, Karen atidak banyak yang menguasai penuh karakteeer mesin rotary ditanah air. Dibawah ini beberapa langkah sederhana jika ingin meningkatkan performa mesin rotary denga batas wajar.
Stage Satu
Anda bisa maksimalkan dibagian intake, dan saluran buang seperti cat-back exhaust dan dibagian piranti bergerak mesin mobil dengan menggondol pulley aftermarket, agar putaran mesin mobil lebih ringan. Untuk di stage pertama ini tidak perlu lakukan tuning ECU, jadi lebih simple. Tapi beda lagi jika ingin naik ke stage berikutnya.
Stage Dua
Pada langkah ini, anda bisa tambahkan tubular header, kalau sudah ganti tubular header disarankan untuk mengatur kembali atau ambil langkah tuning ECU, Karena di stage initingkat kerja mesin mobil sudah sedikit banyak mulai berubah.
Stage Tiga
Jika ingin meningkatkan lagitarikannya bisa dengan menambahkan midpipe sebagai ganti dari catalic converter yang dicopot. Dengan cara ini memang membuat tenagamesin jadi lebih nendang tapi konsekuensinya adalah gas buangnya menjadi kurang ramah lingkungan. Lagi-lagi ditahap ini kembali harus tuning ulang ECU.
Stage Empat
Langsung didoping dengan aksesoris mobil piranti pendorong yang instant secara paksa (turbocharger atau supercharger) atau kerennya disebut dengan langkah modifikasi forced induction, kalau sudah pada tahap ini maka beberapa komponen penunjang lain harus turut diubah menyesuaikan kapasitas masing-masing.
Mulai pembenahan pada system asupan bahan bakar seperti ganti injector yang lebih besar atau menambahkan extra injector, kemudian mematok high flow fuel pump, kemudian juga bisa mengupgrade radiatornya dengan yang high performance mulai dari merek-an yang terkenal dan lihat bahannya karena pada stage ini dipastikan kondisi mesin lebih cepat panas. Dan yang terakhir adalah tuning ECU secara keseluruhan dengan lebih detail.
Hal terpenting pada stage empat ini adalah, jika telah memasangkan turbo, baiknya berikanlah boost yang rendah, jangan nafsu dengan memberikan boost besar, karena jika berlebihan bisa menyebabkan kerusakan mesin yang fatal.
Jadi pada ketiga stage dari 2-4 tuning ECU menjadi penting dan harus dilakukan dengan benar. Disinilah hal yang harus diperhatikan buat modifikasi mania, Karena untuk melakukannya harus benar-benar memilih modifikator yang menguasai ilmu dan karakteristik dari mesin rotary ini. Kemudian perlu diperhatikan juga untuk penambahan aplikasi seperti piggyback jangan sembarang pasang, lagi-lagi harus yang ahli karena ECU standarnya sangat sensitive, jadi tuning mobil bermesin rotary haruslah extra hati-hati.

//

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: